Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Proyektor

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan ProyektorProyektor adalah suatu perangkat yang dapat mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan juga display. Dengan tujuan untuk memproyeksikan suatu gambar atau pun video ke bagian layar atau dinding, sehingga membuat gambar atau video tersebut ukurannya menjadi terlihat lebih besar. Kini sudah banyak tempat sewa proyektor, misalnya untuk kepentingan seminar atau perkuliahan.

 

Proyektor juga bisa diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membantu menampilkan sebuah gambar atau video, atau pun data lainnya dari sebuah komputer atau laptop ke sebuah layar tertentu. Atau bisa juga ditampilkan melalui permukaan yang datar seperti misalnya tembok. Proyektor ini biasanya digunakan untuk alat presentasi agar audiens lebih mudah mengerti.

 

Kelebihan Penggunaan Proyektor

  1. Suatu alat yang mudah dioprasikan

Proyektor merupakan suatu alat yang mudah dioprasikan dalam penggunaannya, dan juga tidak rumit sama sekali. LCD proyektor ini juga memiliki cara kerja yang cukup sederhana, karena dapat menampilkan langsung layar komputer ke arah layar. Sehingga alat ini sering digunakan sebagai alat untuk melakukan suatu presentasi.

  1. Materi yang disampaikan ketika presentasi bisa disampaikan dengan jelas

Jika Anda menggunakan LCD proyektor pada suatu presentasi, maka Anda bisa bisa lebih mudah dalam menyampaikan materi. Apalagi jika materi presentasi Anda menggunakan beberapa media, seperti gambar, audio, atau video. Audiens juga akan lebih mengerti jika presentasi yang disampaikan dibantu dengan visual.

  1. Proses interaksi menjadi lebih mudah

Selain itu proyektor juga akan mendukung proses presentasi Anda, dari mulai pemaparan isi materi, sesi tanya jawab sampai sesi diskusi. Sehingga proses interaksi pun menjadi lebih mudah, dan terjadilah diskusi 2 arah saat presentasi tersebut. Dengan beberapa kelebihan ini, maka Anda bisa melakukan sewa proyektor untuk kebutuhan presentasi Anda.

  1. Mendapat perhatian penuh dari audiens

Karena layar yang dihasilkan oleh sumber cahaya dari proyektor ini cukup besar, maka mau tidak mau audiens akan terus menatap ke arah layar. Sehingga penggunaan proyektor ini cukup mendapat perhatian penuh dari para audiens. Apalagi jika materi yang anda sampaikan menarik, atau jika anda membuat materi yang unik dan menarik perhatian.

Kekurangan Penggunaan Proyektor yang Dapat Diminimalisir dengan Sewa Proyektor

 

  • Harga proyektor biasanya sangat mahal, tak heran jika sekarang banyak penyewaan proyektor dengan harga yang lebih terjangkau tetapi manfaat yang sama.
  • Ada beberapa jenis proyektor yang penggunaannya rumit dan tak jarang menyulitkan setiap penggunanya.
  • Penggunaan proyektor yang cukup lama, cukup memakan biaya listrik yang biayanya tidak sedikit karena proyektor memiliki jumlah watt yang cukup besar.
  • Alat proyektor ini bisa menghasilkan cahaya radiasi yang tinggi, yang bisa membahayakan jika digunakan terlalu sering.
  • Biaya perbaikan proyektor juga harganya tidak murah, karena sparepartnya terbilang masih jarang. Sehingga lebih baik menyewa proyektor karena Anda tidak perlu memikirkan biaya pemeliharaan atau perbaikan.

 

Sejarah Munculnya Proyektor

Seorang ilmuwan yang bernama Gene Dolgrof merupakan penemu alat proyektor yang pertama kali. Penemuan ini berawal dari ketika ia sedang memproduksi video saat ia bekerja di suatu universitas yang ada di New York. Saat itulah Gene tiba – tiba mendapat ide, untuk membuat LCD proyektor yang lebih cerah dibandingkan dengan proyektor 3 – CRT.

Pada saat itu Gene menggunakan elemen yang khusus yang disebut dengan katup cahaya, yang fungsinya untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk atau yang berhasil melewati proyektor.

———————————————————————————————-

Anda butuh sewa proyektor dan layar untuk kebutuhan acara anda, jangan segan-segan untuk hubungi kami Top Multimedia Jasa Sewa Proyektor dan layar 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp us